IndeksPortalAnggotaPendaftaranLogin
Sponsor
souvenir-pernikahan
MENU
 HOME
 FORUM
 ANGGOTA
 PROFILE
 HELP
 PENCARIAN
 
Links
-Ispiring story
-Resep masakan
-Download lagu
-Coret-coret
-Computer and stuff
-Kuliner
-freeware2dl
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Latest topics
» PERKENALAN
Tue Apr 17, 2012 11:33 am by 4d3 city

» old navy store coupon
Wed Aug 03, 2011 7:57 pm by Tamu

» mau di isi apa ya
Tue Dec 02, 2008 3:09 am by Admin

» Greeting_to U
Mon Dec 01, 2008 10:48 pm by Admin

» driver acer 3680 (notebook)
Thu Nov 20, 2008 7:48 pm by Admin

» 3 fakta aneh tentang Microsoft windows
Sun Nov 09, 2008 2:06 am by Admin

» Windows XP SP2 Tips sebelum instalasi dan masalahnya
Wed Nov 05, 2008 2:09 am by Admin

» Ini Fotonya siapa ya :-"
Sat Oct 04, 2008 4:02 pm by Tamu

» driver Grabber
Sat Sep 27, 2008 4:35 am by Admin

» CARA DOWNLOAD DARI IMEEM.COM
Thu Sep 25, 2008 5:28 am by Admin

» Pepatah Bijak dan Bijaksana
Wed Sep 17, 2008 12:14 am by deion_marine

» ACCOUNT RAPIDSHARE GRATIS..
Tue Sep 16, 2008 11:25 pm by deion_marine

» Bikin tulisan Terbalik
Thu Aug 28, 2008 11:02 pm by arie

» Kata-kata Mutiaraku
Mon Aug 25, 2008 2:47 am by Admin

» Promosi nih :D
Fri Aug 22, 2008 12:47 am by mey za

Kesan dan Pesan




IP

Share | 
 

 Windows XP SP2 Tips sebelum instalasi dan masalahnya

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Admin
Admin


Jumlah posting : 36
Join date : 04.08.08

PostSubyek: Windows XP SP2 Tips sebelum instalasi dan masalahnya   Wed Nov 05, 2008 2:09 am

Alon-alon asal kelakon, demikian mungkin peribahasa yang cocok dengan Service Pack 2 (SP2) WIndows XP. Service Pack proses pembuatannya mirip dengan pembuatan OS baru ini memakan waktu yang sangat lama dan merupakan pertaruhan Microsoft untuk mengantisipasi "kesan" yang selama ini melekat kuat pada produknya, kurang aman, kurang stabil dan mudah di serang virus. Proses yang panjang ini dapat dimaklumi karena ada ribuan aplikasi dan ratusan vendor yang harus berkoordinasi agar dapat menyesuaikan diri atau malah mengintegrasikan diri dengan fitur baru yang tersedia pada SP2 ini. Namun, anda jangan senang dulu atau buru-buru menginstal SP2 ini, karena ada beberapa aplikasi / hardware yang akan menghadapi masalah atau tidak berfungsi dengan baik jika anda menjalankan dengan SP2. Tetapi kami juga tidak menyarankan anda mengabaikan SP2 ini karena banyak fitur baru yang menarik dan terutama jika muncul virus baru yang mengharuskan anda menginstal patch, dan terkadang patch terbaru tidak akan mau di instal sebelum anda menginstal Service Pack terakhir.



Ngumpulin aja kok lama

Mungkin begitu yang terlintas di benak anda sewaktu membaca artikel ini. Memang, secara teori Service Pack adalah kumpulan patch dalam satu kurun waktu tertentu dan "kalau perlu" ditambahkan dengan beberapa fitur yang dirasakan perlu sehingga notabene tidak memerlukan waktu lama untuk mengeluarkan Service Pack karena semuanya sudah tersedia dan tinggal merangkum patch yang ada ke dalam satu kesatuan. Salah satu sebab yang membuat lama adalah proses integrasi aplikasi sekuriti (antivirus, firewall) ke dalam "Security Center" dimana vendor sekuriti ini banyak sekali dan proses komunikasi yang dilakukan harus dua arah dan gaya pemrograman setiap vendor yang berbeda tentunya membutuhkan penyesuaian karena semua aplikasi sekuriti ini secara otomatis terintegrasi ke dalam satu menu. Jadi setelah anda menginstal SP2, anda dapat mengakses program antivirus anda melalui Security Center (lihat Gambar 1) via [Start] [All Programs] [Accessories] [System Tools] [Security Center]



Sebab lain dari lamanya pembuatan SP2 ini adalah karena banyaknya penambahan fitur baru yang berguna dan tidak dimiliki Windows XP sebelumnya, karena itu Vaksincom menyarankan para pengguna Windows XP untuk menginstal SP2 ini. Adapun manfaat tambahan yang dikandung oleh WIndows XP adalah sebagai berikut :



* Peningkatan kemampuan Firewall, peningkatan kemampuan WIndows Firewall yang sangat signifikan dibandingkan dengan firewall sebelumnya, Internet Connection Firewall. Namun anda juga akan menemui kenyataan bahwa sekuriti berbanding terbalik dengan kemudahan, karena banyak sekali aplikasi yang bermasalah terutama karena aksi Windows Firewall ini.

* Menekan pop up yang menyebalkan, kalau yang satu ini sangat menyenangkan dan bermanfaat karena akan secara efektif menekan pop up windows yang sangat sering muncul tanpa diundang setiap kali kita mengunjungi website tertentu.

* Mengurangi penyebab crash karena add-ons, kestabilan Windows XP menjadi meningkat karena add-ons yang sebelumnya sering mengakibatkan windows crash berkurang dnegan signifikan.

* Peningkatan kemampuan dan kemudahan dalam akses wireless, selain proses setting wireless yang lebih mudah, kami juga senang dengan logo koneksi wireless yang baru yang membedakan dengan logo koneksi LAN.



Persiapan

Sebelum anda melakukan instalasi SP2 ini, kami sarankan ruang kosong pada system windows (biasanya c:\) lebih besar dari 1.5 GB. Sebenarnya ukuran SP2 dalam keadaan terkompres adalah 266 MB, tetapi setelah dimekarkan ukurannya menjadi 500 MB dan dalam proses instalasi windows memerlukan Temporary file yang cukup besar, apalagi jika anda menginstal menggunakan CD Rom. Jika ruang harddisk anda tidak mencukupi dalam setengah proses instalasi, windows anda berpotensial menjadi hang dan data anda terancam hilang, karena itu, kami menyarankan anda untuk membackup data penting sebelum melakukan instalasi SP2.



Aplikasi yang bermasalah dengan SP2

Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa aplikasi yang anda gunakan tidak mengalami masalah dengan Windows XP SP2 atau jika dinonaktifkan oleh WIndows Firewall, anda harus mengaktifkan kembali secara manual dengan membuka port yang ditutup oleh Windows Firewall. Khusus bagi anda yang mengaktifkan automatic download, memiliki satu PC saja dan koneksi broadband kami sarankan untuk memilih automatic download karena ukuran downloadnya akan lebih kecil daripada download seluruh SP2. Namun bagi anda yang terkoneksi melalui dial up dan memiliki beberapa PC dengan OS Windows XP dalam jaringan, kami tidak sarankan untuk mendownload, sebaiknya menginstal menggunakan CD yang dapat anda minta dari Microsoft .



Adapun program-program yang akan mengalami gangguan karena portnya diblok oleh WIndows Firewall adalah sebagai berikut :

*Command Antivirus 4.9
*Etrust EZ Armor 1 (Computer Associate)
*Kaspersky 5
*Norman Personal Firewall 1.4
*Norton Antivirus 2003
*Rational Clearcase 2003
*Norton System Works 2004
*Wordperfect Office 11
*Yahoo Instant Messenger 6
*Zonealarm 4 / 4.5x / 5.0.590

http://support.microsoft.com/default.aspx?kbid=884130&product=windowsxpsp2


Perhatikan bahwa kebanyakan aplikasi yang bermasalah adalah aplikasi sekuriti, masalah ini sangat penting untuk diperhatikan dan jangan disepelekan karena tidak berfungsinya program sekuriti seperti antivirus atau firewall tentunya akan menyebabkan komputer tidak terlindungi dari virus / serangan berbahaya. Karena itu, kami sarankan untuk menghubungi vendor tempat anda membeli software untuk mendapatkan sollusinya. Sebagai contoh, Norman Personal Firewall 1.4 yang tidak dapat berjalan setelah instal service pack 2 ini memberikan update "gratis" ke versi Norman Personal Firewall 1.41 sehingga komputer akan terlindungi kembali. Satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah seperti antivirus, aplikasi Firewall tidak disarankan untuk di instal lebih dari satu pada tiap komputer karena akan menyebabkan sistem komputer menjadi tidak stabil / hang. Anda bisa memilih untuk menonaktifkan WIndows Firewall jika memiliki aplikasi Firewall komersial yang lebih bagus / familiar seperti ZoneAlarm, BlackIce atau Norman Personal Firewall (NPF). Untuk beberapa Firewall yang disertifikasi Microsoft seperti NPF juga akan terintegrasi secara otomatis ke dalam Secuirty Center.

Selain itu, beberapa program lain akan berhenti total setelah instal service pack seperti :

*Symantec Antivirus Corporate Edition 8.0
*Cute FTP
*AutoCAD 2000, 2002, 2004
*Computer Associate Arc Server
*Microsoft SQL 2000a
*Etrust 6.0.100
*Computer Associates aTrust 7.0
* Symantec Antivirus Corporate Edition 8.x dan 9.x



Selain itu, beberapa Game populer juga mengalami masalah dengan SP2 ini antara lain :

* Need for Speed hot Pursuit
* Startrek Starfleet Command III 1.0
*Unreal Tournament 2003

http://support.microsoft.com/default.aspx?kbid=842242&product=windowsxpsp2;



Penyebabnya juga karena port yang ditutup oleh Firewall Windows secara default dan solusinya adalah port tersebut harus dibuka secara manual oleh pengguna windows XP SP2. Caranya adalah dengan menggunakan Netstat untuk mengetahui port mana yang digunakan oleh aplikasi lalu membuka port tersebut pada Windows Firewall.



PS: Terimakasih untuk Michael dan Ian Bonet atas dukungannya dalam pembuatan artikel ini.

Sumber :

salam,
Alfons Tanujaya
PT. Vaksincom
Gedung Rifa lt. IV
Prof. Dr. Satrio blok C4 / 6-7
Jakarta 12950
Telp : 62-21-526 -787 / 752
http://www.vaksin.com
Email : info@vaksin.com
Kembali Ke Atas Go down
http://yujinha.dbzworld.org
 
Windows XP SP2 Tips sebelum instalasi dan masalahnya
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Tips Berguna di Kehidupan Sehari-hari
» Tips - tips untuk menghindari kecelakaan
» Tips Berkendara Saat Malam Hari
» TIPS TELP GRATIS BUAT HANDPHONE,,TERBUKTI NYATA BRO!!!
» DIY - Cara pasang HID di NINJA 250

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 ::  KOMPUTER AND STUFF :: Software-
Navigasi: